Jumat, 23 April 2021

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Air Teh Basi


Saat masih remaja, saya randomnya agak nggak kira-kira. Pernah karena nggak punya catokan, tapi ingin rambut lurus, jadi dicatok pakai setrika beneran. Padahal mestinya saya belajar dari kawula muda angkatan saya yang nggak lama, rambutnya jadi brintik karena hasil rebondingnya hilang. 

Di tengah-tengah era rebonding itu, saya pernah ketombean yang menurut saya sebenernya 'yaudah sih' (tuh kan random lagi), tapi berkat membaca sebuah majalah Asian Glitz dan nemu tips menghilangkan ketombe ala Cecilia Cheung, maka markicob, alias mari kita coba. 

Dorongan mencoba ini karena saya pernah belajar di kelas Tata Busana atau sejenisnya, ada guru yang mengajari cara perawatan tubuh dengan alami. Salah satunya, mengatasi ketombe dengan air teh basi. 

Ternyata, hal ini benar adanya :))

Jadi, sejak saat itu saya sekitar 1-3 bulanan mencoba untuk secararutin menyiapkan air teh basi, sebanyak 1 mug berkumur khusus sikat gigi. Kira-kira isinya setara 400 ml air teh yang sudah umur semalam sampe 2 malam. 

Sebelum keramas, saya pasti pakai itu dulu. Disiram sedikit-sedikit sambil dipijat ke kulit kepala sampai merata. Lalu saya diamkan beberapa menit, asal gak masuk angin aja. 

Saya gak gengges sih dengan baunya, masih bisa ditolerir. Yah, langunya aroma teh paling ya gitu itu kan. Lalu setelah kira-kira 10-15 menit, baru deh keramas seperti biasa. Kuncinya memang rutin aja. 

Dan beneran, dalam sebulan, bisa kelihatan hasilnya. Ketombe yang bagai taburan donat salju ini perlahan mulai banyak berkurang. Sejak itu, saya sempat mengalami masa-masa di mana kepala nyaris bebas ketombe. Ada pun mungkin nggak seheboh itu. Jadi kalau diusreg, rambut nggak lagi hujan salju. 


Sayangnya, lepas itu saya udah terlena dan nggak lagi pakai. Di usia sekarang, ketombenya datang lagi. Ada banyak penyebabnya sih. Di antaranya stres dan karena saya berjilbab, tapi kurang merawat rambut. 

Sepertinya saya akan mencoba lagi tips ini dan mudah-mudahan berhasil seperti dulu. Selain air teh basi ini, nggak masalah kalau mau nambah pakai tonic. Biar rambutnya dapat dukungan moril, karena ketombe tuh emang provokatif banget. Bikin banyak masalah lain ke rambut kita. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar