Rabu, 04 Desember 2013

MACHI Dan Dunia Jejepangan (Bagian 3)

Kami punya mimpi, ingin menjadi komunitas besar. Ya, yang tadinya cuma hobi, tapi manusia selalu ingin mencapai sesuatu kan?

Mau Bikin Komunitas Besar? Belajarlah... Dari Bawah

Semua memang dimulai dari nol, bahkan pendahulu-pendahulu kami seperti angkatan mas PJ dan Mbak Retno. Lalu sejak kami punya mimpi untuk menjadi besar, J Zone menggodok berbagai rencana.

Bayangkan, kami 'buta' dan nggak punya buku tutorial membuat komunitas besar :)) :)) tapi mimpinya udah setinggi langit. Kami memang masih 'bodoh' karena itulah kami harus belajar, dari bawah.

First Tour *yaelaah..* kami adalah menuju acara di Surabaya. (Yeeeee, kita piknik!!) Ya, itu perjalanan yang menyenangkan sekali. Kami bawa 2 mobil kalo nggak salah, ada banyak rombongan yang asik-asik. Awalnya masih malu-malu, tapi lama-lama ya ngobrol juga.

Di Surabaya, saya pribadi amazed banget dengan komunitas Jepang di sana, KOJTSU. Ini lho komunitas yang mukanya pernah saya lihat di Animonster. Ya ampuuun, mereka keren semua. Jepang abis, cantik-cantik, ganteng-ganteng.
Bandnya juga bagus-bagus. Ini lho acara komunitas. Bukan hanya pengisi acara yang dandan ala Jepang, tapi ada juga pengunjung yang total. Dan di akhir acara, kami para cewek J Zone udah klepek-klepek dengan yang namanya Saint Lolita.

Baru kali ini kami lihat band visual kei di depan mata. Biasanya cuma di majalah. Dan kami sempet foto bareng lho. 
To be honest, ini perjalanan pertama saya yang bikin ga bisa tidur, Saya excited sampai besoknya, besoknya,  besoknya lagi. Ini adalah 'pembelajaran' yang menyenangkan.

Jadi, Apa Yang Kamu Pelajari? 

Sejak hari itu, Kakek dan kakak-kakak lainnya menggodok konsep tentang komunitas yang kita mau. Kami juga punya band visual kei pertama dengan nama Onimusha.

Untuk punya komunitas, harus ada yang memimpin. Dan siapa pemimpinnya? Saya.

Kaget? I know, saya juga kaget. Meski saya cupu dan jatuh bangun buat bisa membawa komunitas ini ke starting point, saya cukup senang dan banyak belajar.

Masa jabatan saya nggak sampai satu tahun. Tapi saya belajar menjaring member baru, publikasi acara, pedekate ke media terdekat dan bikin acara kecil-kecilan. Mungkin masih ada yang ingat suara Machi J Zone di siaran Bhiga FM Unmer dengan nomor 085646411166, yes thats me. Dan nomer itu sudah wafat and today it's not mine anymore :))) :))) Sekitar tahun 2007, kami bisa menjamu balik anak-anak Kojtsu, meski mereka telat datang dan acara sudah selesai.

Saya beberapa kali menangani event. Hmm, yang inget sih di Funky Dorayaki, Cinemax, Poltek, di Saboten dan terakhir di SMAN 9. Dua acara besar yang berkesan adalah Full Japan Day 1 dan Bunkasai Smanawa. Sebenarnya event SMAN 9 membangkitkan semangat saya, tapi dalam sebuah komunitas, memang nggak cuma ada 1 kepala dan situasi bisa berubah dengan cepat.

Saya sempat vakum setelah mundur dari jabatan ketua. Mungkin sudah waktunya konsen dengan kehidupan pribadi saya, pikir saya waktu itu. Tapi panggilan itu datang lagi. Dan saya memasuki chapter baru yang lebih menantang. (TO BE CONTINUE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar